Perawatan hardisk, download software defrag, scandisk tool |

Gili-SMS dan perawatan hardisk

July 4th, 2011 by Yudi Silo Wardono Leave a reply »

Agar Gili-SMS dapat berjalan dengan baik dan lancar, terutama jika dijalankan selama berjam-jam setiap hari bahkan 24 jam non stop, ada baiknya sesekali waktu dilakukan perawatan(maintenance) hardisk agar database Gili-SMS tidak rusak(corrupt) dan terhindar dari adanya error.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Kita tidak pernah tau kapan hardisk akan bermasalah, jika sudah terjadi maka kita harus bekerja extra untuk mem-backup dan memperbaikinya.

Perawatan dapat anda lakukan secara berkala misalkan setiap 1 bulan sekali dengan melakukan scandisk dan defrag. Scandisk dilakukan untuk mengecek hardisk dari adanya error, sedangkan Defrag dilakukan untuk menata file dan folder.

Untuk Scandisk anda bisa menggunakan software Ariolic Disk Scanner, sedangkan untuk Defrag bisa menggunakan Smart Defrag. Kedua software tersebut gratis.

Software scandisk gratis

Lakukan scandisk terlebih dahulu sebelum melakukan defrag. Pastikan Gili-SMS tidak dijalankan dan matikan service Gili-SMS yang terdapat di Control Panel / Administrative Tools / Services.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

Share This Post
Advertisement

Comments are closed.