Mengirim SMS dari file Excel, file CSV dengan format bebas |

Mengirim “Surat SMS” dari File Excel ke Pelanggan, Nasabah, Anggota dll

March 5th, 2014 by Yudi Silo Wardono Leave a reply »

kirim-sms-excel-csv

Setiap bidang usaha yang menggunakan komputer pada umumnya memiliki data pelanggan, nasabah, anggota di file Excel, jika tidak menggunakan aplikasi Microsoft Office paling tidak menggunaan OpenOffice, Kingsoft Office atau Libre Office. Gili-SMS dapat mengirim SMS dari file Excel. Anda tidak perlu menyesuaikan kolom-kolom di file Excel, Gili-SMS bisa membaca header(judul kolom) yang nantinya akan digunakan. Jika di komputer anda tidak menggunakan aplikasi Microsoft Office, anda bisa menyimpannya ke file CSV dengan cara disimpan ulang(Save As) dengan memilih format CSV(Comma Separated Value).

kirim-surat-sms

Dengan Gili-SMS, anda tidak perlu menyesuaikan kolom-kolom di file Excel, Gili-SMS otomatis membaca judul kolom(header) pada baris pertama, anda tinggal menyebutkan header tersebut di isi SMS, Gili-SMS akan mengganti header tersebut sesuai dengan data pada tiap-tiap baris di file Excel. Pada contoh gambar diatas, header-nya adalah NO. HP, PANGGILAN, NAMA PELANGGAN, JUMLAH ANGSURAN dan JTH TEMPO.

kirim-surat-sms-2

Tekan tombol Variabel, Gili-SMS akan menampilkan header-header dari file Excel, anda tinggal memilihnya. Jika isi SMS sudah dibuat, untuk mengetes apakah sudah sesuai, tekan tombol Proses Pesan, Gili-SMS akan memproses isi SMS, mengganti header dengan data dari tiap-tiap baris di file Excel, anda bisa melihat pada daftar dibawah tombol Proses Pesan. Tekan tombol Perbesar Daftar untuk melihat hasil yang lebih maksimal.

kirim-surat-sms-3

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengirim SMS dari file Excel, CSV :

  • Pastikan baris ke-1 terdapat judul kolom(header), jika tidak ada, tambahkan.
  • Pastikan tidak ada baris yang kosong. Gili-SMS akan menganggap baris kosong(kosong di semua kolom) sebagai akhir dari data yang akan dibaca/diproses.
  • Pastikan bahwa ada 1 kolom yang berisi nomor tujuan (nomor HP penerima) dengan isi baris yang benar seperti tidak mengandung simbol dan abjad.

Gili-SMS merupakan aplikasi SMS manager dengan fitur lengkap dan dijual dengan harga terjangkau. Anda dapat mencoba mengirim SMS dari file Excel atau CSV melalui versi demo, download disini. Versi demo 99% sama dengan versi berbayar. Jika anda memiliki ribuan data pelanggan yang hendak dikirimkan, jangan kuatir, Gili-SMS dapat mengirim 5.600 SMS per jam* dengan cepat dan hemat waktu.

* Keterangan :

  • Menggunakan 8 modem dalam 1 komputer. 1 modem 1 kartu SIM.
  • Kecepatan tergantung dari pulsa, sinyal dan kesibukan jaringan operator.
Share This Post
Advertisement

Comments are closed.