Kuota SMS, Membatasi Jumlah Pengiriman SMS Per Jam |

Fitur Kuota SMS, Membatasi Jumlah Pengiriman SMS Per Jam

July 26th, 2013 by Yudi Silo Wardono Leave a reply »

kuota-sms-per-jam

Sejak versi 1.1.3.1086, Gili-SMS sudah mendukung kuota SMS. Kuota SMS berfungsi untuk membatasi jumlah SMS yang dikirim dalam tiap jam, ini untuk mengantisipasi pemblokiran kartu oleh operator. Untuk mengisi Kuota SMS, jalankan menu File / Konfigurasi Program dan pilih pada Tab Quota SMS.

kuota-sms

Setiap modem memiliki Kuota SMS, jika diisi, maka jumlah SMS terkirim akan dibatasi. Misal untuk modem 1 diisi dengan 300, maka SMS yang dapat dikirim oleh modem 1 maksimal 300 per jam dimana 1 SMS = 160 karakter. Jika di Outbox masih terdapat SMS untuk dikirimkan dan Kuota SMS telah terpenuhi, maka Gili-SMS akan melakukan penundaan(pending) sampai jam berikutnya, jika jam sudah berubah, Gili-SMS otomatis akan melanjutkan pengiriman.

Dalam 1 jam Gili-SMS dapat mengirim sekitar 700 SMS(tanpa Kuota), selain itu Gili-SMS dapat mengirim SMS panjang(lebih dari 160 karakter), jika terdapat 1 SMS dengan jumlah 200 karakter, maka ketika terkirim, SMS tersebut terhitung sebagai 2 SMS, bukan 1 SMS. Sebuah dialog pesan(popup) akan muncul dipojok kanan bawah jika Kuota SMS telah terpenuhi.

popup-kuota-sms

Pesan tersebut akan terus muncul setiap 2-3 menit sampai jam telah berubah(reset) dan Gili-SMS mengirimkan SMS yang terdapat di Outbox. Jika pengguna tidak menginginkan Kuota SMS, pada Tab Quota SMS, cukup diisi dengan angka 0 yang berarti tidak ada batasan Kuota(unlimited). Pengguna dapat mengisi jumlah Kuota SMS ditiap modem sampai 500 SMS per jam(maksimal).

Setiap operator menerapkan sistem blokir kartu berdasarkan jumlah SMS per jam dengan batasan yang tidak sama. Operator XL misalnya membatasi sampai 360 SMS per jam, operator lain bisa jadi berbeda. Selain dari jumlah SMS per jam, sistem blokir kartu oleh operator juga bisa dari laporan penerima SMS.

 

Share This Post
Advertisement

Comments are closed.