Kirim SMS Pemberitahuan Jika Koneksi Internet, LAN Tiba-Tiba Terputus |

Kirim SMS Pemberitahuan Jika Koneksi Internet, LAN Tiba-Tiba Terputus

July 27th, 2013 by Yudi Silo Wardono Leave a reply »

gcmd-ping

Contoh Skenario

Si Budi bekerja sebagai staff EDP di Perusahaan XYZ dimana letak kantor pusat, gudang dan toko berbeda lokasi namun sudah saling terhubung online  melalui jaringan LAN menggunakan Wifi Outdoor. Perusahaan XYZ mengandalkan komputerisasi yang sudah berjalan online di beberapa lokasi tersebut. Untuk menunjang administrasi, Perusahaan memasang internet vsat dimana setiap komputer sudah bisa mengakses internet.

Jalur LAN dipakai untuk VoIP dan software komputerisasi online dimana server-nya berada dikantor pusat. Jalur internet dipergunakan untuk email, mengirim database cabang-pusat melalui FTP, browsing dll.

Bos besar mengandalkan si Budi untuk menjaga dan merawat(maintenance) peralatan komputer baik software, hardware dan jaringannya agar para karyawan dapat bekerja optimal.

software-sms-ping

Gili-SMS sebagai alat penunjang

Untuk memonitoring jaringan LAN dan internet si Budi menggunakan Gili-SMS. Gili-SMS memiliki Command Line Tool(CLT) yang bisa dipergunakan untuk mengirim SMS pemberitahuan jika tiba-tiba terdapat jaringan LAN atau internet yang bermasalah(tidak konek), dengan demikian si Budi langsung melakukan pembenahan sebelum menerima laporan dari staff lain bahkan sebelum Bos besar marah.

Budi membuat beberapa penjadwalan SMS untuk mengecek koneksi ip address melalui perintah PING. jika terputus(Request Time Out), maka si Budi akan mendapatkan SMS pemberitahuan.

Gili-SMS Command Line Tool

Sejak update 1.1.4.1140, Gili-SMS menyertakan Command Line Tool(berupa file gcmd.exe). File gcmd.exe terdapat di folder Windows\System32. Pengguna bisa menjalankan gcmd.exe melalui dialog Command Prompt.

gcmd-ping-2

Syntax :
gcmd ping -ip=”ip address” -result=[RTO|REPLY] -number=”nomor penerima” -text=”pesan SMS” [-dialog=”show|hide”] [-modem=1-8] [-prioritas=0-9]

Contoh mengirim SMS jika hasil PING ke IP tertentu terputus :

gcmd ping -ip=192.168.1.101 -result=rto -number=0812311234
-text="Koneksi komputer ke Gudang terputus. Cek Segera!"

Contoh mengirim SMS jika hasil PING ke beberapa IP terputus menggunakan modem 5

gcmd ping -ip=”192.168.1.101 192.168.1.10 192.168.1.50″ -result=rto -number=”0812311234″ -modem=5 -text=”Koneksi komputer ke Toko terputus. Cek Segera!”

Contoh mengirim SMS jika server FTP tidak bisa diakses, prioritas sangat penting:

gcmd ping -ip=198.23.48.67 -result=rto -number=0812311234 -prioritas=9
-text="FTP server tidak bisa diakses, cek koneksi internet, PENTING!"

Memadukan gcmd dengan penjadwalan SMS

Dibuat penjadwalan Harian dan dijalankan setiap 1 menit untuk mengecek koneksi LAN dan internet.

gcmd-ping-3

Pada contoh diatas, dibagian opsi “SMS tidak perlu dikirim” menandakan bahwa ketika penjadwalan dieksekusi(waktu sudah memenuhi syarat), maka Gili-SMS tidak akan mengirimkan SMS penjadwalan tersebut, melainkan hanya mengeksekusi dibagian COMMAND, nantinya GCMD.exe yang akan mengirimkan SMS sesuai parameter -RESULT=RTO jika IP 192.168.1.15 tidak berhasil di PING(request timeout).

Jam mulai dan jam berakhir diisi pada jam kantor, untuk pengulangan bisa di-set setiap 5 menit(300) atau 10 menit(600) agar tidak terlalu sering mendapatkan SMS karena butuh waktu untuk mengecek dan membetulkan koneksi melalui pengaturan router.

Gili-SMS Command Line Tool cocok diaplikasikan untuk :

  • Toko online untuk mengecek koneksi ke email, website, database
  • Perusahaan yang bergerak dibidang jasa internet sebagai tool monitoring
  • Perusahaan yang mengandalkan komputerisasi online

Gili-SMS Command Line Tool akan terus dikembangkan untuk membantu anda dalam melakukan Usaha, Kegiatan dan Layanan. Untuk kritik dan saran silahkan menyampaikan dengan mengisi form disini atau mengirim email ke gili-at-yusiwa-.com

Share This Post
Advertisement

Comments are closed.