Prefix nomor, Mengirim SMS ke sesama operator |

Prefix Nomor, Kirim SMS Ke Sesama Operator

August 28th, 2013 by Yudi Silo Wardono Leave a reply »

sms-ke-sesama-operator

Gili-SMS mulai versi 1.3.5.1171 sudah mendukung Filter Prefix Nomor, dimana memungkinan pengiriman SMS ke sesama operator. Pengguna perlu mengaktifkan fitur Filter Prefix Nomor dan mencatat(mendaftarkan) prefix(awalan) nomor tujuan. Pada saat terhubung dengan modem, Gili-SMS mengetahui operator dari kartu(SIM) yang digunakan. Sebelum mengirim SMS, Gili-SMS akan melakukan pencocokan nomor tujuan ke daftar prefix nomor, jika ditemukan kesamaan, maka Gili-SMS akan mengirim menggunakan modem dengan operator yang sama.

software-sms-kirim-ke-sesama-operator

Filter Prefix Nomor dapat dibuka dari menu File / Seting Prefix Nomor.aplikasi-sms-seting-prefix-nomor

Dari 4 digit pertama pada setiap nomor handphone, sudah bisa ditentukan berasal dari operator mana, misal 0878(XL), 0852(TELKOMSEL), 0856(INDOSAT), 0838(AXIS) dan seterusnya. Semakin lengkap daftar prefix nomor semakin bagus, karena Gili-SMS bisa mengirim SMS ke sesama operator, tentunya juga tergantung kartu(SIM) di modem yang digunakan.

aplikasi-sms-seting-prefix-nomor-2

Pada suatu saat akan terdapat kondisi dimana Gili-SMS tidak dapat mengirim SMS ke sesama operator.  Hal ini karena beberapa alasan :

  • Kartu yang digunakan tidak memungkinkan pengiriman ke sesama operator. Misal nomor yang dikirim operator Telkomsel sedangkan modem yang digunakan hanya 1 yaitu operator Indosat.
  • Daftar Prefix Nomor tidak lengkap sehingga untuk nomor tujuan, Gili-SMS tidak bisa menentukan operator
  • Tidak ada modem dengan operator yang sama yang dapat digunakan untuk mengirim SMS. Misal Gili-SMS menemukan operator yang sama namun Filter Modem di-set hanya bisa untuk Terima SMS
    aplikasi-sms-seting-prefix-nomor3

Pengguna dapat menentukan opsi pengiriman lebih lanjut, apakah SMS akan dikirim menggunakan operator lain atau SMS tidak dikirim. Disarankan untuk memilih opsi “Tetap Kirim SMS” agar SMS dapat dikirim menggunakan kartu(di modem) dari operator lain mengingat saat ini SMS ke antar(lintas) operator ada gratisnya dari puluhan sampai ratusan SMS.

Jika Filter Prefix diaktifkan, maka untuk setiap pengiriman SMS akan menggunakan modem Otomatis yang artinya Gili-SMS akan menentukan operator terlebih dahulu dari daftar Prefix Nomor, jika ditemukan maka Gili-SMS akan memilih modem dengan operator yang sama untuk mengirim SMS.aplikasi-sms-seting-prefix-nomor-4

Lebih lanjut, pengguna dapat mengganti menjadi modem ke 1,2,3,4,5,6,7,8 atau Simultan. Pada daftar SMS Tertunda(Outbox), jika SMS dikirim menggunakan modem otomatis, maka gambar(icon) baris akan memiliki nomor 0(NOL).

aplikasi-sms-seting-prefix-nomor-5

 

Share This Post
Advertisement

Comments are closed.