Tips Sebelum Membeli Software SMS |

Beberapa Tip Sebelum Membeli Aplikasi SMS

August 6th, 2014 by Yudi Silo Wardono Leave a reply »

buying-sms-tipsMedia SMS saat ini sangat dibutuhkan bagi komunitas, organisasi, perusahaan dalam menjalankan roda bisnis atau kegiatan sebagai alat bantu komunikasi agar lebih dekat kepada nasabah, karyawan, pelanggan atau anggota. Berikut kami berikan beberapa tip, sebelum membeli aplikasi(software) SMS :

  • Mencoba sebelum membeli
    Download versi demo(trial) sebelum membeli. Pelajari fitur dan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mengirim dan menerima SMS(bukan simulasi) itu lebih baik.
  • Jangan tergiur dengan slogan
    Dalam menggunakan media SMS, kebutuhan utama adalah aplikasinya(software) bukan perangkatnya(modem). Jika anda mendapati slogan “jual modem SMS, gratis aplikasi pengirim SMS massal“, cermatlah, sebetulnya yang dijual itu modemnya, bisa jadi aplikasinya adalah bajakan.
  • Lihat referensi di website
    Pelajari(baca) website si penjual terlebih dahulu, terutama dibagian tanya-jawab, prosedur pembelian dan beberapa fitur dari aplikasi SMS. Jika website si penjualan terdaftar di indonetwork.co.id atau google adwords(iklan google) atau sebagai anggota terverifikasi dari olx, kaskus, dinomarket, tokopedia dll itu lebih baik.
  • Alamat penjual jelas
    Sebagian besar aplikasi SMS dijual secara online, pastikan alamat si penjual jelas, lakukan kontak di nomor telepon(telkom, fixed line) jika perlu.
  • Kompatibilitas dan garansi perangkat
    Jika anda berniat untuk membeli aplikasi beserta modem, tanyakan garansi modem yang dijual dan prosedur retur(jika perlu). Tidak semua aplikasi SMS dapat digunakan dengan modem yang tersedia dipasaran, jika anda memiliki modem sendiri dan berniat untuk membeli aplikasinya saja, lebih baik coba versi demo terlebih dahulu untuk memastikan modem yang anda miliki cocok.
  • Aktifasi Aplikasi
    Setelah membeli dan melakukan instalasi, umumnya aplikasi SMS memerlukan proses aktifasi untuk mencatat penggunaan lisensi. Pencatatan tersebut berbeda-beda, ada aplikasi SMS yang lisensinya berdasarkan modem, berdasarkan nomor seri hardisk dll. Tanyakan tentang aktifasi dan lisensi aplikasi kepada si penjual. Umumnya hal tersebut bisa anda lihat dibagian tanya-jawab di website si penjual.
  • Layanan purna jual
    Tanyakan tentang layanan purna jual dari aplikasi SMS, jika terdapat layanan update, itu lebih baik. Update aplikasi umumnya berisi perbaikan dan tambahan fitur. Tanyakan juga layanan pelanggan(customer support) jika nantinya terdapat kendala teknis dan memerlukan panduan/penanganan lebih lanjut.

Kebutuhan dalam penggunaan media SMS bervariasi, untuk pengiriman broadcast(massal), untuk SMS center, SMS Gateway dll. Terdapat beberapa aplikasi SMS yang bisa anda jumpai, salah satunya Gili-SMS. Gili-SMS versi demo 99% sama dengan versi berbayar, cobalah sebelum membeli, Gili-SMS mendukung berbagai merek dan tipe modem GSM dipasaran, mendukung 8 modem dalam 1 komputer.

Share This Post
Advertisement

Comments are closed.